Jumat, Maret 20, 2009

Benjamin/Benyamin


Gara-gara menonton "Benjamin Button" tiba-tiba dipikiran saya tergiang-giang berbagai nama Benjamin/Benyamin. Di dunia ini ada beberapa Benjamin yang saya ketahui (beberapa saya kenal) mulai dari Politisi, Penemu, Selebrity hingga yang terakhir judul Film.

Dari beberapa cross cek yang saya lakukan, dapat disimpulkan bahwa seseorang yang memiliki nama Benjamin/Benyamin menggunakan "Ben" sebagai nama panggilan mereka, untuk ke-2 terbesar adalah "Benny".

Bila ditelusuri dari sejarah Kristen, maka secara tidak langsung saya (dan umat Kristen di muka) bumi ada kaitannya dengan "Benjamin" karena Yesus Kristus adalah bangsa Israel yang merupakan keturunan suku Israel. Demikian juga melalui penelusuran Alkitab Terjemahan Indonesia Baru (versi elektronik) diperoleh sebanyak 175 kata "Benyamin"

Berikut beberapa Tokoh yang saya ketahui/kenal memiliki nama Benjamin/Benyamin.
1. Benjamin Frangklin : Penemu energi listrik asal Boston, USA yang hidup pada masa 1706-1790.
2. Benyamin Netanyahu : Perdana Mentri Israel ke-9, dan kalo gak salah Pemilu Februari lalu terpilih lagi.
3. Benyamin Sueb : Salah satu Aktor Favorit saya.. pasti pada kenal dong.
4. Benjamin Joshua : Aktor yang ganteng, favorit saya juga nih.
5. Benjamin Affleck : Aktor yang gantengnya super duper, lagi-lagi favorit saya.
6. Benyamin adik Yusuf anak Yakub, kalo gak salah silsilahnya begitu.
7. Benyamin Herbawal : Pemandu lagu di EKklesia yang suaranya oke banget.
8. Benjamin Button : Film terbaru Brad Pitt yang keren, tp di Oscar dikalahkan oleh Slumdog.
9. Benyamin Mangkoedilaga : Mantan Hakim Agung yang juga pernah menjadi Ketua Komnas HAM.
10. Benyamin Eppang : Bapaknya Rinda yang udah Almarhum.

Walaupun nama Benjamin tidak sepopuler "Peter" atau "David" saya menyukai nama ini, dan berandai-andai (boleh dong gak ada yang larang kan) bila suatu saat saya memiliki anak lelaki, saya akan menggunakan "Benjamin" sebagai nama tengahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar