Selasa, Januari 20, 2009

Sekilas Penyusuran Lokasi Stray Dogs

Minggu tanggal 18 Januari 2009 kemarin, akhirnya saya dan teman-teman : Budhi, Vivin (dari Icare), Femca, Gaby (dari JAAN) mengadakan survey lokasi tempat berteduhnya/tinggalnya anjing2 liar di sebuah area di Kalibata Timur. Anjing2 tersebut berteduh di lahan parkir, menurut keluarga yang tinggal di lahan parkir tersebut, dahulu hanya ada 1 anjing, namun lama-kelamaan jumlah bertambah hingga akhirnya sekarnag mencapai 7 ekor, terdiri dari 3 betina dan 4 jantan.

Ada 1 betina yang baru saja beranak, syukurlah katanya anak2 anjing tersebut sudah diadopsi. Setelah mengadakan pembicaraan dan penjelasan dan keuntungan dari operasi tersebut dengan si penjaga lahan, akhirnya disepakati bahwa pada hari Sabtu 24 Januari 2009 akan dilaksanakan operasi steri.

Dari lahan parkir saya mengajak teman2 turun ke bawah, mungkin karena Femca adalah seorang ekspatriat "bule" makanya dia jadi perhatian para Penduduk sekitar. Agak turun ke bawah saya menunjukan 1 ekor anjing liar betina yang tidak bergabung dengan geng di lahan parkir, kata seorang warga anjing tersebut sudah lama berada disekitar daerah mereka, dan beberapa warga juga suka memberi makanan seadanya (syukur deh). Kemudian kami juga menjelaskan kepada warga tersebut bahwa kami akan mengikutsertakan si stray dong dalam operasi tersebut.

Sesudah dari Kalibata Timur, kami melanjutkan perjalanan ke Komplek Kalibata Indah, menurut Gaby dia pernah melihat sekawanan anjing2 liar di kawasan komplek ini, namun setelah kami ke sana dan muter-muter area komplek, hasilnya nihil.. Kemudian kami melanjutkan perjalanan ke sebuah usaha pool bus yang posisinya tepat berada di depan lampu merah Duren Tiga.

Di sini kami memperoleh hasil bahwa anjing2 tersebut dipelihara oleh si Pemilik pool, ceritanya dulu hanya ada 1 anjing betina, hebatnya anjing betina ini pernah menggagalkan perampokan di pool ini, nah untuk menhargai jasa si anjing, maka di pemilik bus memutuskan untuk memeliharanya dan kebetulan si nyonya (istrinya) adalah penyayang hewan di rumah pun mereka memelihara kucing. Karena si betina di datangi oleh si jantan, maka berkembangbiaklah dan juga berdatangan beberapa jantan lain, hingga total keseluruhan ada 8 ekor terdiri dari 4 dewasa dan 4 anak.

Wuhhh kalau kami mau terus mensusuri beberapa daerah mungkin kami akan menemukan banyak sekali anjing2 terlantar... Semoga bagi mereka yang memiliki anjing khususnya betina memiliki kesadaran untuk benar-benar merawat dan kalau bisa sih disteril agar tidak berkembang biak, karena saat ini sudah overpopulasi.

Semoga juga kegiatan operasi hari Sabtu tanggal 24 Januari 2009 besok berjalan dengan lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar