Selasa, Januari 13, 2009

Gereja : Atmiranda et Amanda

Gereja : Admiranda et Amanda
What does it mean ??

17 Maret 2008 pukul 18.00 WIB (last year n was posted in FS blog) saya menghadiri Ibadah Gabungan GPIB "Effatha" dalam rangka Paskah. Terus terang Ibu saya agak kaget ada angin apa kok tiba-tiba anaknya mau menghadiri Ibadah. Mau tau kenapa …?

Ya selain menghayati minggu-minggu sengsara Yesus Kristus, saya tertarik dengan temanya "Gereja : Admiranda et Amanda"

Ibadah dipimpin oleh Pdt. Jan H. Rapar, Ketua Majelis Jemaat GPIB "Effatha", nah satu hal yang menambah minat saya menghadiri Ibadah ini karena yang memimpin beliau. Jan Hendrik Rapar, Pendeta Senior, Seorang Guru Besar, Ahli Filsafat.

Dengan pengetahuan yang dimilikinya Pdt.Rapar menjelaskan bahwa pada Minggu sengsara Yesus Kristus ini kita diingatkan kembali untuk menghayati kembali sebuah KEMENANGAN yang tidak terjadi secara instan, tetapi melalui sebuah proses yang MELETIHKAN, MENDEBARKAN, MENAKUTKAN, VIA DOLOROSA.
Dalam dunia yang serba instan dimana semua harus bergerak cepat, kita jeda sejenak untuk merefleksi ulang gerak-gerik pelayanan Gereja.

Ekklesia/Gereja yang berarti Persekutuan Umat Percaya yang dipanggil keluar dari kegelapan menuju terang-Nya yang ajaib,

Admiranda : dikagumi

Amanda : dicintai, indah

Maka dari penjelasan Pdt. Rapar dapat disimpulkan bahwa "Ekklesia Atmiranda et Amanda" berarti : Keberadaan Gereja harus dikagumi dan dicintai oleh lingkungan sekitarnya sehingga dapat menjadi berkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar